12.05.2013

POLUSI CAHAYA, MELENYAPKAN PENGALAMAN TERINDAH

Teringat waktu kecil dikampung, ketika bermain-main di malam hari dengan teman-teman sambil melihat indahnya langit malam yang dihiasi taburan cahaya bintang. Berebutan untuk make a wish saat melihat bintang jatuh. Berdiskusi mengenai rasi bintang, yah walaupun cuma sotoy. Apalagi ketika dulu saya melintas di danau Semayang saat malam hari, wuih pasti akan takjub dengan langit yang luas yang dipenuhi dengan gemerlap bintang. Pemandangan langit malam yang menakjubkan memberikan inspirasi tiada akhir. Ingin sekali rasanya kembali ke masa itu. Melamun sambil melihat bintang dimalam hari dalam bahasa kerennya disebut sebagai stargazing.

Lalu kemanakah gemerlap bintang seperti itu di kota sekarang ini, seolah-olah telah lenyap dari pandangan sebagian besar penduduk bumi. Pencahayaan kota dengan gemerlap lampu-lampu kota telah membutakan mata kita terhadap pemandangan indah langit di malam hari, walaupun pada kenyataannya sebagian besar orang tidak mempedulikan hal tersebut. Memang karena anak-anak sekarang kebanyakan tumbuh tanpa bisa melihat gugusan cahaya di langit malam.

Mengapa itu bisa terjadi? Polusi dan debu yang berterbangan di atmosfir kota memantulkan cahaya perkotaan membentuk lapisan cahaya yang meneggelamkan gemerlap cahaya bintang. Keadaan ini disebut sebagai polusi cahaya. Polusi cahaya adalah dampak buruk akibat cahaya buatan manusia karena intensitas yang terlalu besar. Sebagian besar polusi cahaya merupakan efek samping dari industrialisasi. Polusi cahaya berdampak terhadap kehidupan hewan. Burung yang bermigrasi menggunakan bintang dan bulan sebagai alat navigasi. Akibat adanya polusi cahaya, mereka tidak dapat bermigrasi ke tempat yang tepat. Penyu laut juga tidak datang ke pantai dan bertelur seperti biasa karena takut dengan cahaya. Polusi cahaya yang membutakan teleskop juga berpengaruh terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Polusi cahaya juga berdampak terhadap kesehatan, misalnya susah tidur dan bahkan menyebabkan  kanker.

 Langit kota di malam hari

 
Langit desa di malam hari

2 comments:

  1. Mantap kak postingannya , , , Semoga makin maju blog nya . Amin.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar jika perlu....